Jumat, 28 April 2017

Hal-Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Kredit Mobil Bekas

  Masyarakat modern kini tak lagi memposisikan mobil sebagai kendaraan pribadi ataupun bagian dari kebutuhan tersier belaka. Kini peran mobil telah bergeser menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern, terlebih untuk kaum urban. Itulah kenapa dewasa ini jumlah pemilik kendaraan semakin banyak saja. Kemudahan dalam mendapatkan mobil juga menjadi salah satu pemicu fenomena ini. Bahkan kini ada kredit mobil bekas yang tentu saja semakin memudahkan masyarakat untuk memperoleh mobil dengan harga dan cicilan yang lebih terjangkau.

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga dan cicilan yang lebih terjangkau, membeli mobil bekas secara kredit bisa menjadi salah satu pilihan. Namun Anda juga harus hati-hati. Agar tidak salah pilih, penting untuk mengetahui seluk beluk tentang kredit mobil terlebih dahulu.

Apa Itu Kredit Mobil Bekas?

kredit-mobil-bekas

Kredit mobil bekassebenarnya tidak berbeda jauh dengan kredit mobil baru. Prinsipnya adalah membeli mobil dengan cara mencicil. Besaran cicilannya disesuaikan dengan periode dan uang muka yang telah diberikan sebelumnya. Namun dalam beberapa hal memang ada perbedaan yang cukup fundamental antara kredit mobil baru dengan kredit mobil bekas.
Berbeda dengan membeli mobil baru, membeli mobil bekas tentu tidak harus melalui showroom. Bahkan banyak pembelian mobil bekas yang dilakukan.secara perseorangan tanpa melibatkan satu badan usaha yang cukup besar. Meski demikian, saat ini juga ada beberapa dealer yang secara khusus menyediakan berbagai pilihan mobil bekas.
Sama halnya dengan kredit mobil baru, kredit mobil bekas juga membutuhkan pihak penyedia kredit. Pihak inilah yang nantinya akan memberikan pinjaman dana kepada pembeli mobil bekas. Dan sebagai catatan, kredit mobil second bisa lebih mahal dalam beberapa hal. Itu karena uang muka dan suku bunga yang ditetapkan untuk kredit mobil ini lebih tinggi dari uang muka dan suku bunga kredit mobil baru.

Tempat Pengajuan Kredit Mobil Bekas

beli-mobil

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyedia kredit memiliki peranan yang cukup vital dalam proses kredit mobil bekas. Dari merekalah Anda mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk menutup biaya pembelian mobil bekas, dan kepada mereka jugalah Anda membayar angsuran kredit tiap bulannya.
Pada dasarnya pihak penyedia kredit mobil bekas tidaklah berbeda jauh dengan penyedia kredit mobil baru. Setidaknya ada 2 penyedia kredit yang bisa Anda pertimbangkan untuk membeli mobil bekas secara kredit. Kedua pihak tersebut antara lain:
  1. Leasing Kendaraan Bermotor. Bisa dibilang inilah pihak yang paling sering dimintai bantuan untuk kredit mobil. Leasing kendaraan bermotor menyediakan dana untuk mereka yang ingin membeli kendaraan secara kredit. Prosesnya juga terbilang mudah. Dan dengan banyaknya perusahaan leasing, Anda memiliki kebebasan untuk menentukan leasing mana yang akan Anda pilih. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan dana dari pihak leasing. Setelah semua persyaratan terpenuhi, pihak penyedia kredit akan melakukan survey dan menyampaikan hasilnya kepada Anda setidaknya dalam 2 sampai 3 hari.

  2. Bank. Ya, bank juga menyediakan jasa kredit kendaraan. Bank memiliki satu program pinjaman khusus yang disebut dengan Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB untuk mewadahi mereka yang ingin mengajukan kredit mobil. Mengajukan kredit mobil ke pihak bank memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Selain lebih kuat dalam hal finansial, bunga kredit bank juga relatif rendah yakni berkisar antara 4% hingga 6% saja. Namun untuk kredit mobil bekas, umumnya dikenakan bunga terbesar yakni 6%. Hanya saja pengajuan kredit melalui bank memang relatif lebih sulit dengan persyaratan yang cukup ketat.

Simulasi Kredit Mobil Bekas

belanja-mobil-bekas

Membeli mobil bekas secara kredit sudah menjadi salah satu cara favorit masyarakat modern untuk mendapatkan mobil impiannya. Jika ini adalah kali pertama Anda mengajukan kredit mobil, tentu ada beberapa kebingungan khususnya terkait dengan jumlah uang yang perlu Anda persiapkan untuk mendapatkan mobil impian Anda. Pastinya Anda ingin mengetahui berapa jumlah uang muka yang perludipersiapkan dan jumlah angsuran tiap bulannya. Untuk memperoleh gambaran terkait dengan hal tersebut, mari kita lihat simulasi kredit mobil bekas di bawah ini.
Sebelum mulai simulasinya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan jumlah biaya yang perlu dikeluarkan. Minimal uang muka kredit mobil bekas adalah 30% dengan premi asuransi yang disesuaikan dengan usia mobil dan periode kredit yang dipilih. Untuk mobil yang usianya di bawah 10 tahun, premi asuransinya adalah 1.00% untuk periode 12 bulan, 1.85% untuk periode 24 bulan, 2.60% untuk periode 36 bulan dan 3.25% untuk periode 48 bulan. Dan untuk mobil yang usianya di atas 10 tahun, secara berturut-turut nilai premi asuransi mulai dari periode 12 bulan hingga 48 bulan adalah 1.20%, 2.22%, 3.12% dan 3.90%. Sedangkan untuk all risk, nilai premi asuransinya lebih tinggi yakni 2.75% untuk periode 12 bulan, 5.07% untuk periode 24 bulan, 7.15%,untuk periode 36 bulan dan 8.94% untuk periode 48 bulan.
Kini mari kita masuk ke simulasi kredit mobil bekas. Misalnya Anda ingin membeli mobil bekas seharga Rp 100 juta yang usianya 5 tahun dengan periode kredit selama 36 bulan. Untuk mendapatkan mobil tersebut, jumlah minimal uang muka yang perlu Anda persiapkan adalah Rp 30 juta yang diambil dari Rp 100 juta x 30%. Karena usia mobil masih di bawah 10 tahun dan periode kredit yang dipilih adalah 36 bulan, maka nilai premi yang berlaku adalah 2.60%. Dengan demikian jumlah biaya premi asuransi yang harus dipersiapkan adalah Rp 100 juta x 2.60% sehingga diperoleh angka Rp 2.600.000. Nantinya biaya yang perlu dikeluarkan juga masih ditambah dengan uang tanda jadi yang nilainya disesuaikan oleh pihak penyedia kredit.
Lantas berapa angsuran tiap bulannya? Dengan uang muka sebesar Rp 20 juta, berarti pembiayaan kreditnya Rp 100 juta � Rp 30 juta sehingga diperoleh angka Rp 70 juta. Untuk periode kredit 3 tahun, cicilan yang perlu dibayar tiap bulannya adalah Rp 3.079.727 dan harus dibayar tepat waktu.

Tips Kredit Mobil Bekas

tips-kredit-mobil-bekas

Membeli mobil bekas secara kredit memang bisa sedikit tricky. Karena itu Anda harus cermat dalam memilih mobil yang ingin dibeli dan memilih pihak penyedia kredit yang kredibel. Mobil yang ingin dibeli memang harus diuji apakah kendaraan tersebut masih dalam kondisi baik atau tidak. Penyedia kredit yang dipilih hendaknya juga kredibel dan berbadan hukum. Namun selain itu, ada beberapa tips kredit mobil bekas lain yang juga perlu Anda tahu.
  1. Cobalah untuk meminta diskon harga mobil. Sebelum membeli mobil bekas, usahakan untuk meminta potongan harga mobil sehingga jumlah cicilan yang dibayarkan nanti juga semakin kecil.
  2. Konsultasi ke pihak finance terkait skema pembiayaannya. Untuk memperoleh nilai cicilan terbaik, usahakan untuk mengkonsultasikan besaran uang muka dan jumlah cicilan yang bisa Anda tanggung kepada pihak penyedia kredit.
  3. Minta pembayaran DP dengan cara mencicil. Saat ini DP bisa dicicil sesuai dengan kemampuan nasabah. Hal tersebut juga sudah diatur oleh Bank Indonesia. Biasanya DP dapat dicicil selama beberapa kali sesuai dengan kesepakatan. Untuk itu jangan lupa untuk membahas hal tersebut sebelum memutuskan untuk kredit mobil bekas.

PAK DHE SOEGENG

  ALAMAT: JL. RUNGKUT TENGAH IIIB / NO. 18, RUNGKUT TENGAH, GUNUNGANYAR, SURABAYA 60293
  TELP: 0852-3372-4777
  PIN BB: D52C6653
  LINE:  0878-5218-0007
  WHATSAPP:  0878-5218-0007
  TELEGRAM:  0878-5218-0007
  EMAIL: MAILTO:DZAKY101@GMAIL.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar