Sabtu, 06 Mei 2017

Kredit Mobil Bekas Tanpa Uang Muka



Tingginya mobilitas masyarakat di perkotaan membuat sebagian besar orang memilih untuk memiliki kendaraan pribadi dibandingkan naik transportasi umum.
Namun karena tak semua orang mampu membeli kendaraan baru secara tunai (cash), akhirnya masyarakat Indonesia kini lebih menyukai membeli kendaraan bermotor secara kredit.
Sebelumnya, Otoritas  Keuangan () sempat dikabarkan akan melonggarkan uang muka atau down payment (DP) pembiayaan kendaraan bermotor hingga 0% alias kredit tanpa DP.
Namun ternyata wacana tersebut batal diterapkan lantaran sejumlah perusahaan multifinance enggan memanfaatkan kelonggaran uang muka tersebut demi menjaga kualitas kredit.
Misalnya saja PT Mandiri Tunas Finance (MTF) yang mengaku bisa saja menerapkan DP sebesar 5%.
Namun pihaknya enggan menerapkan aturan tersebut pada masyarakat umum karena dianggap terlalu berisiko. 
“Dulu kami ada program COP tapi karena ada ketentuan minimum DP dari OJK maka program itu terhenti. 
Jika aturan DP di bawah 5% diberlakukan maka kami akan menyasar pada perusahaan yang memfasilitasi kepemilikan mobil bagi karyawannya,” kata Direktur Marketing Mandiri Tunas Finance, Harjanto Tjitohardjojo.
Seperti diketahui, saat ini Bank Indonesia memberlakukan ketentuan bahwa bank wajib mengenai DP sebesar 30% dan perusahaan multifinance sebesar 25% untuk kredit kendaraan bermotor. Namun untuk membeli mobil bekas tanpa DP sebenarnya bisa dilakukan, tentu saja dengan beberapa trik khusus.
Agar memperoleh harga yang lebih masuk akal, sebaiknya belilah mobil bekas langsung dari pemiliknya, bukan dari makelar atau perantara. Kemudian memilih perusahaan leasing yang terpercaya juga menjadi salah satu  wajib untuk kredit mobil bekas.
Biasanya jika konsumen pernah mengajukan kredit di perusahaan yang sama dan selalu membayar cicilan tepat waktu, leasing akan bersedia menurunkan biaya DP hingga 20%. Untuk memperoleh kredit mobil bekas tanpa DP, maka cara yang perlu dilakukan adalah dengan meminta pihak leasing menaikkan harga mobil bekas yang hendak dibeli, sehingga besar dana yang dipinjamkan dari leasing dapat menutupi jumlah DP yang dibutuhkan. Sayangnya dengan teknik itu tentu saja jumlah cicilan kredit mobil bekas per bulan juga akan semakin tinggi.

PAK DHE SOEGENG
SALES EXECUTIVE

  ALAMAT: JL. RUNGKUT TENGAH IIIB / NO. 18, RUNGKUT TENGAH, GUNUNGANYAR, SURABAYA 60293
  TELP: 0852-3372-4777
  PIN BB: D52C6653
  LINE:  0878-5218-0007
  WHATSAPP:  0878-5218-0007
  TELEGRAM:  0878-5218-0007
  EMAIL: MAILTO:DZAKY101@GMAIL.COM
  BUKA MELALUI HP ANDA, KLIK ATAU TEKAN NO. HP/TELP UNTUK CALL SALES, DAN ADD PIN BBM ID, LINE, WA SERTA TELEGRAM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar