Senin, 01 Mei 2017

Perhitungan Kredit Mobil Bekas

Membeli mobil dengan sistem kredit merupakan cara tepat bagi banyak orang untuk memiliki kendaraan idaman. Terlebih, bagi mereka yang hanya memiliki kocek terbatas alias pas-pasan.

Lantaran sistem kredit mempermudah individu untuk mendapatkan mobil, permintaan kredit terhadap benda bergerak ini pun meningkat. Data yang diolah dari berbagai sumber bahkan menyebutkan jika 70
persen masyarakat Indonesia membeli kendaraan secara kredit.

Kredit tak hanya dilakukan untuk mobil baru, kendaraan second alias bekas pun kini juga banyak yang dikreditkan. Lantas, apa bedanya kredit mobil baru dan bekas? Dan mengapa kredit mobil bekas lebih mahal ketimbang baru?

Dilansir Atur Duit, membeli mobil bekas atau baru sebenarnya memiliki persyaratan pengajuan kredit yang sama yakni, WNI (Warga Negara Indonesia) yang dibuktikan dengan kartu identitas.
Kemudian membayar uang muka minimal 30 persen, jangka waktu pelunasan kredit atau tenor maksimal lima tahun, usia pembeli saat masa kredit berakhir maksimal 64 tahun, slip gaji, dan usia kendaraan yang dibeli tidak boleh lebih dari 14 tahun (untuk beberapa kondisi).

Masa pemeriksaan kelayakan pembelian mobil tipe apa pun, baik bekas maupun baru juga sama, yaitu dua hari kerja.

Namun, perbedaan dalam proses pembelian mobil baru dan mobil bekas adalah pada besaran bunga cicilan. Mobil bekas memiliki bunga cicilan yang lebih besar dibandingkan mobil baru.
Jika kredit mobil baru memiliki bunga cicilan tiga persen per tahun, maka bunga setoran untuk kredit mobil bekas dapat mencapai enam persen per tahun.

Saat Bank Indonesia (BI) menentukan suku bunga bank yang memengaruhi besar kecilnya setoran kredit di berbagai sektor, perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan memiliki kebijakan untuk mengikuti atau menahan tingkat bunga kredit.

Kebijakan ini tentu bergantung pada ketahanan keuangan dari perusahaan tersebut. Tentu dengan mempertimbangkan hal ini, memilih perusahaan pembiayaan atau pemberi kredit yang mapan merupakan hal yang krusial. Karena dengan ketahanan keuangan perusahaan yang baik, Anda dapat terhindar dari setoran cicilan yang mahal.

Para penjual mobil pun akan merasa aman untuk bertransaksi dengan Anda jika didukung oleh pemberi kredit yang bagus.

Selain tingkat bunga, setoran dari kredit mobil juga akan ditambah dengan premi asuransi. Besaran premi asuransi mobil salah satunya ditentukan oleh usia kendaraan. Makin tua usia mobil, maka tingkat atau suku premi asuransinya juga makin besar.

Maka itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini saat hendak membeli mobil bekas. Lakukan simulasi perhitungan untuk mengetahui jumlah setoran yang harus dibayar tiap bulannya.
PAK DHE SOEGENG
SALES EXECUTIVE

  ALAMAT: JL. RUNGKUT TENGAH IIIB / NO. 18, RUNGKUT TENGAH, GUNUNGANYAR, SURABAYA 60293
  TELP: 0852-3372-4777
  PIN BB: D52C6653
  LINE:  0878-5218-0007
  WHATSAPP:  0878-5218-0007
  TELEGRAM:  0878-5218-0007
  EMAIL: MAILTO:DZAKY101@GMAIL.COM
  BUKA MELALUI HP ANDA, KLIK ATAU TEKAN NO. HP/TELP UNTUK CALL SALES, DAN ADD PIN BBM ID, LINE, WA SERTA TELEGRAM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar